8 Fakta Tentang Guppies


Apakah Anda sedang mencari option yang tepat untuk ikan air tawar Anda berikutnya? Ikan guppy adalah pilihan yang umum dan mudah dirawat. Ikan ini adalah peliharaan yang sangat bagus dan menjadi pilihan tambahan ikan air tawar yang sangat tepat untuk akuarium Anda, baik untuk yang sudah berpengalaman maupun yang pemula, kata Sam Williamson, mantan ahli biologi kelautan dan ikan selama lebih dari 20 tahun. Namun, banyak pemilik ikan dan calon pembeli mungkin tidak tahu banyak tentang ikan guppy dan Anda mungkin dapat mengambil manfaat dari belajar tentang jenis ikan ini.

"Guppy adalah jenis ikan yang sering disalahpahami," kata Williamson. “Dengan begitu banyak pilihan ikan yang berbeda, orang mungkin dengan mudah menganggapnya sebagai sesuatu yang membosankan dan terlalu biasa.” Di sini, Anda bisa menemukan beberapa fakta tentang ikan guppy favorit kami -- dan menyenangkan!


Fakta # 1: Guppy adalah Nama Sang Penemunya

Guppy dinamai oleh Robert John Lechmere Guppy, seorang peneliti dan ahli geologi, dan hal menariknya, dia tidak menjalani pelatihan ilmiah formal. Guppy dipercayakan untuk menemukan ikan di Trinidad pada tahun 1866, menurut Institut Nasional Pendidikan Tinggi, Penelitian, Sains dan Teknologi. Sebelum Guppy, W.C.H. Peters awalnya menemukan ikan ini di Berlin, namun tidak diperhatikan.


 Fakta # 2: Apa Arti Nama Julukannya?

Ikan guppy memiliki dua julukan yang mungkin Anda sering dengar, menurut Williamson: millionfish dan rainbow fish. Kenapa? Mereka dikenal sebagai millionfish karena mereka berkembang biak dengan sangat cepat, dimana guppy betina bisa menghasilkan sekitar 50 bayi ikan per bulannya, kata Williamson. Mereka mendapatkan julukan rainbow fish karena warna mereka yang sangat beragam.


Fakta # 3: Guppy Menyukai Perairan Tropis

Guppy adalah spesies ikan air tawar, ikan tropis asli dari Amerika Selatan. Ada hampir 300 jenis guppy di seluruh sungai-sungai di Amazon, begitu juga di Barbados, Brasil, Guyana, Trinidad and Tobago, dan Venezuela. Agar menyerupai perairan ini, cobalah untuk menjaga suhu air di tangki akuarium Anda di pertengahan 70 derajat Fahrenheit, dengan 76 derajat merupakan suhu idealnya, menurut Williamson. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pemanas tangki (tank heaters) atau pemanas ruangan (room heater) di ruangan tangki akuarium.


Fakta # 4: Guppy Mudah Untuk Dirawat

“Mereka tidak memilih-milih makanannya, cocok disatukan dengan sebagia besar ras ikan air tawar lainnya dan bisa hidup selama sekitar 3 tahun jika dirawat dengan baik”, kata Williamson. Pada umumnya, sebagian besar makanan guppy terbuat dari udang air asin. Mereka juga memakan ganggang di dalam akuarium namun tidak selahap ketika mereka makan udang, kata Williamson.


Fakta # 5: Mereka Tidak Bertelur

Seperti manusia, guppy melahirkan bayinya, inilah yang membuat proses kelahirannya menarik untuk ditonton, kata Williamson. "Jika Anda melihatnya cukup dekat, Anda sering dapat melihat mata bayi ikan melalui kulit induknya yang tembus pandang sebelum dia melahirkan."


Fakta # 6: Awas! Guppy Memakan Anaknya Sendiri

Untuk mengendalikan habitat mereka agar tidak menjadi terlalu banyak, guppy telah berevolusi untuk memakan anak-anaknya sendiri, kata Williamson. Beberapa orang merekomendasikan untuk memisahkan induk dari anak-anaknya, namun kata Williamson, ini pun bukan merupakan pilihan terbaik, karena akan menjadi momen yang stressful bagi induknya. Sebagai gantinya, ia merekomendasikan untuk mengisi akuarium dengan tanaman agar memberi kesempatan bayi guppy untuk bersembunyi dari induknya.


Fakta # 7: Guppy Digunakan untuk Mencegah Malaria

Ikan-ikan guppy telah dengan sengaja dibebaskan di perairan-perairan Asia untuk mencegah penyebaran malaria. Pada tahun 2014, “gerakan guppy” anti-malaria di sebuah kota di India selatan bertujuan untuk mengendalikan malaria menggunakan ikan yang memakan larva nyamuk.


Fakta # 8: Guppy Bervariasi dalam Bentuk dan Warna

Seperti yang telah dijelaskan di atas, ikan guppy mempunyai beragam warna, tetapi Williamson mengatakan bahwa pemilik guppy mungkin dapat menciptakan warna tertentu dengan membiakkan guppy dengan warna yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, pemilik guppy juga dapat memilih beberapa ekor tertentu termasuk ekor jenis flag, veil, lace, dan double-sword tail.

sumber : https://www.petmd.com/fish/general-health/8-facts-about-guppies


#ikanguppy #ikanhias #swastifarm

351 views1 comment

081770605043

Mangga Street No.87 Kujonsari, Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

©2019 by Swasti Farm.